Whatts Is The Problem!! (Whatts adalah masalahnya!! ;))

26 06 2007

Saat-saat ini adalah masa-masanya mahasiswa tk 3 di ITB lagi ikut KP alias Kerja Praktek di Perusahaan2 di Indonesia, bahkan denger2 ada yg di Malay. Wuiih hebat2 euy, pengalaman kerja memang dibutuhin buat anak kuliahan untuk membuktikan bahwa “idealisme pendidikan terkadang berebeda dengan realtia di lapangan”. Tp ga tau sih apakah ini memang terjadi di semua orang yang selepas kuliah, setidaknya ini yg terjadi dengan saya

Yah, bnyk pelajaran waktu melakukan pembuatan Integrated Topo Mapping di kawasan ehopesantren Daarut Tauhiid di daerah Parompong – Bandung. Ketelitian yang diperoleh ternyata ga selalu harus sesuai dengan teori, tp tergantung dari kebutuhannya. Dari alat yg kita gunain ternyata masih pakai alat2 jaman dulu kala, seperti Watts. Yang konon sejak tahun 90-an sudah ga digunain lagi.. Iya soalnya ini alat susah banget sentring (melakukan posisi tepat pada titik dan datar), bisa sampai setengah jam, apalagi klo di daerah yg terjal… wuiiih.. makanya muncul pribahasa baru… “Bagaikan sentring Watts di padang ilalang” yang ternyata ada dua pendapat, yaitu perbuatan sia-sia dan bersusah-susah dahulu- bersedih-sedih kemudian. He3… Ya iyalahh.. ketelitian yg diharapkan secara teori yaitu 1 detik ternyata ga pernah sampai.. sering sampai selisih 10 bahkan 30 detik…ckckck. Iya saat datanya diolah ternyata banyak yg salah.. Gat au deh gimana hasilnya klo dibandingkan intepretasi dari citra satelit nanti…

G tau kenapa.. kok tahun ini alat yg dipake kulitasnya menurun, padahal angkatan 2003 lalu uda pake Electronic Total Station (ETS) yang punya hasil ketelitian cukup baik. Entahlah what de problem ae naon?? Tp yah bnyk pelajaran tentang bagaimana menjadi surveyor, tapi saying Kemah Kerja kali ini kurang melibatkan mahasiswa untuk manajemen proyek-nya padahal inilah yg penting untuk lulusan sarjana. Bukankah begitu??


Actions

Information

One response

2 08 2007
wed

thanks euy komentarnya ! baru tau gue…

bagus blognya…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: