Ada makna di Kekalahan Itu…

19 07 2007

Sedih memang melihat kekalahan Indonesia kemarin.. lagi2 kita gagal dalam sepakbola.. Betapa ternyata Allah masih belum mengizinkan kita untuk mencatat sejarah baru di dunia persepakbolaan Indonesia. Tapi disinilah kita bisa melihat sebuah potensi besar.. kita bisa melihat dengan latihan yang masih tergolong sangat singkat untuk menghadapi kejuaraan selevel Piala Asia, para pejuang Indonesia menunjukkan kegigihannya.. Secara teknik mungkin kita kalah.. tapi semangat itu.. semangat yang benar2 mengalahkan segalanya.. mengalahkan ketertinggalan kita atas Korea, Bahrain, atau Saudi Arabia yang memang secara teknik masih di atas.. Kita bisa mengabil banyak hikmah.. Nikmati kekalahan ini.. dan berisaplah, sungguh bangsa ini bukanlah pecundang.. sebagaimana kata Eric Berne

“Seorang pecundang tak tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah, tetapi sesumbar apa yang akan dilakukannya bila menang. Sedangkan, pemenang tidak berbicara apa yang akan dilakukannya bila ia menang, tetapi tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah.”

Sejak lahir di dunia ini, setiap diri pribadi sudah di takdirkan akan mengalami berbagai tantangan keh id upan, mulai dari kesulitan dan kemudahan, kegagalan dan kesuksesan, kemenangan dan kekalahan dalam h id upnya. Tiap-tiap diri sesungguhnya telah ditakdirkan untuk menjumpai saat-saat sulit ataupun saat-saat menerima kekalahan seperti ini.

Kekalahan dalam hidup kita, bisa memberi kita “inspirasi” atau malah “keputusasaan”. Bagi mereka yang yang termasuk kelompok “Quitters” – orang-orang yang mudah menyerah – kekalahan dalam keh id upan seringkali menjadikan mereka semakin terpuruk dalam kemalangan. Namun t id ak demikian bagi mereka yang termasuk kelompok “Climbers” – orang-orang yang selalu optimis dan berpikir positif – mereka dapat memberi makna pada setiap kekalahannya dalam keh id upan untuk terus bersemangat kerja sampai benar-benar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Termasuk kelompok manakah diri Anda ?

Berikanlah makna pada setiap kekalahan, dan transformasikan menjadi sesuatu yang lebih berharga. Pertumbuhan kepribadian kita seharusnya adalah proses merespon setiap masalah, kesulitan, kekalahan dan perubahan secara positif. Evaluasi kekalahan yang kita terima, kemudian lakukan perubahan melalui cara-cara yang lebih baik untuk meraih kemenangan. Persiapkan diri anda menghadapi masa depan yang lebih berarti.

Bukankah sebuah batu yang awalnya tak berharga akan dapat menjadi sesuatu yang amat berharga bila kita gosok. Begitu juga diri kita, hidup kita, kita tak akan pernah menemukan potensi dalam diri kita, kalau tidak pernah kita mencobanya. Jangan pernah bilang kita bisa sukses tanpa melewati kekalahan-kekalahan . Jangan pernah bioalng kita dapat berhasil tanpa melalui perubahan-perubahan .

Bukankah mempersiapkan diri dari sekarang akan lebih baik dari pada hanya menunggu datangnya masa-masa sulit dalam kehidupan kita ?. teruslah berjuang untuk meraih kemenangan.

KEEP SPIRIT INDONESIA!!!


Actions

Information

2 responses

22 07 2007
masmu

bukankah kekalahan itu awal dari sebuah kemenangan…???:-)

nasionalis-agamis-optimis……..

tetaplah bersemangat….dan berjuang bro!!

2 08 2007
armyalghifari

yap! kita sudah sering kalah, kawan.. saatnya bangkit! bukan saatnya kita menjustifikasi diri sendiri bahwa sebuah kewajaran kita kalah.. tapi sebuah pertanda bahwa kita belum layak menang.. bangkit! Lawan! Hancurkan tirani (diri sendiri yang menindas jasad ini)!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: