Tentang Global Warning..

14 09 2007

Beberapa waktu lalu ada pesan untuk nampilin ttg kondisi lingkungan di blog ini.. tp brhubung blum smpet buat tulisan yg berkait dgn kerprofesian sendiri, mungkin coba difasilitasi dengan tulisan di bawah ini yg ngambil dr kiriman email seorang temen anak HMTL ITB..

______________________________

yah masalah yang masih hangat di telinga, dan kemarin juga sudah banyak seruan aksi-aksi untuk menyelamatkan bumi ini… namun berpengaruhkah? atau hanya sekedar pewacanaan belaka?
trus apa yang dapat kita lakukan?

Jangan berfikir langkah kecil kita tidak berpengaruh apa-apa, sebab persoalan besar seperti Global Warming sebenarnya adalah dampak akumulatif dari perilaku individu yang kecil-kecil

ada beberapa hal yang dapat kita lakukan:
1. minimalisir penggunaan plastik ;
sebenarnya HMTL ITB akan mengadakan kampanye anti plastik, sebagai bentuk pewacanaan     awal. karena kita semua tau mustahil dapat langsung berhenti dari pemakaian plastik (secara…     hampir semua produk mengandung plastik, dan jika belanja pasti dikasih plastik !!)
MAKA (dengan asumsi semua disini tau bahwa plastik non degradable )
* hindarilah membuang plastik banyak2, kalo perlu disimpen aja soalnya bisa membebani             sampah kota bandung (kan ga ada TPA)
* kalo belanja, jika masih bisa langsung dimasukin tas, masukin aja. jadi ga perlu plastik kan!

2. ” Switch off”
hemat listrik = mengurangi dampak pemanasan global,
* matikan lampu sebelum tidur
* ganti lampu bohlam ke jenis lampu CFL (karena  hemat energi sampai 60%)
* jika meninggalkan kamar/rumah, cabut segala perangkat elektronik seperti: DVD player,             kompie,s/d charger dsb… jika sudah selesai menggunakan) kebiasaan meninggalkan dalam             keadaan stand-by harus dihilangkan.

3. Pilih Produk ramah lingkungan
* seperti memilih kertas yang mudah didaur ulang
* kalo bisa pakai kertas semaksimal mungkin (bisa pakai kertas re-use/ bolak-balik) kec kalo         untuk hal resmi ya lah…

4. Transportasi Hijau
* kalo kostan deket jalan kaki saja..
* kalo pake motor, rajin-rajin lah di servis !!!
* kalo pake mobil, sebisa mungkin maksimalkan kapasitas penumpangnya. . di servis juga !!
karena apa? saya rasa semua dah tau kalo pertambahan kendaraan bermotor di kota bandung         setiap harinya mencapai 50 %, mau sampai berapa juta angka kendaraan bermotor membuat         polusi meningkat ??? bikin macet juga kan!!

5. Tanam pohon
bagi orang-orang rumahan, jangan lupa dirumahnya harus ada lahan hijau.. jangan dihabiskan         semua untuk bangunan,,, bermanfaat juga untuk resapan air… INGAT LOH… permukaan air         tanah di bumi semakin meningkat… so ntar air tanah makin dangkal aja dong… jadi berbaik         hatilah pada tanaman..

yah.. begitulah saya rasa hal-hal sederhana tadi dapat kita lakukan sekarang juga…
meski terkesan sepele, namun berdampak sangat besar untuk kehidupan di bumi ini.
jika kita membiasakan diri,, dan menularkannya pada orang lain, insyaAllah nanti semakin banyak yang sadar..
jadi,.. mulailah dari diri sendiri dan tularkan kebaikan ini pada orang lain…


Actions

Information

22 responses

4 09 2008
i wayan januarta

kalau ada yang baru tolong kirimin ya..

26 09 2008
Martin

Salam Damai/./././

Manusia Adalah ciptaan TUHAN././.

13 03 2009
anita

bagus juga tuh sarannya, emang bener sih segala sesuatu itu harus dimulai dari diri sendiri, lalu ngajak orang lain. Tapi aku koq susah banget untuk belajar disiplin ya? ya maksud ku kalo aku inget global warning ya aku mulai berdisiplin, tapi kalo ga inget…. ya gitu dech………

16 05 2009
randriani

Assalamu’alaikum

‘Mulailah dari diri sendiri’. Bener banget. Jika kita hendak mengubah orang lain, maka ubahlah dari diri sendiri dulu.

17 05 2009
Gan-gan Mds

ya githuhh dEh, awalnya mah kita lah diri sendiri …..

27 05 2009
uli

tapi dgn liat sikon sekerang apa bisa setelah kita smua orang lain merubah gaya hidupnya?kadang ga yakin tapi habitat kita kasihan

3 06 2009
Alex L. Setiawan

salam kenal…
Setuju boss …dari hal hal yang kecil dan gampang, apa lagi kalau dilakukan bersamaan efeknya akan lebih besar ..

28 07 2009
nicha

eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

16 09 2009
Aripaloh

“menurut aku ,,,global warning tu salah satu tanda kiamat,mengapa??,,,krn efek yg ditimbulkan,,,suhu bumi menjadi sangat panas sehingga dpt menyebabkan melelehnya es yg ada di kutub,,,apbl es yg ad di kutub habis maka akan kekeringan di bumi yg menyebabkan,semua tumbuh2an mati krn tdk turun hujan,maka bila itu trjadi manusia akan hidup dlm kesengsaraan dan kesulitan,:sulit memperoleh air,makanan,:,ini sama dgn kondisi manusia ktk dtg nya dajjal,yaitu dlm kesusahan dan kemelaratan,sehingga dajjal mempengaruhi manusia dg cara membantu,dan memberi air kpd org yg mau mengatakan dajjal itu tuhan,,,,,
!!!!!!!
Ni cuma feeling aku lho,kalo salah mohon kritikannya,ya,,,,!!!
kirim ke”aridinantia@ymail.com”,,

4 10 2009
heri Susmardiyanto

sudah saatnya kita memperhatikan alam disekitar kita. kalau gak, Dia akan marah dan yang terjadi beruntunlah datang bencana. aku ingat pernah ada anak bule belgia kecil, kata gurunya kalau dia buang sampah sembarangan maka bumi akan meletus. Nah tuh.. benar khan gunung meletus dan bumi bergoyang….3M: Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan tunggu apa lagi? Mulai NOW!!

20 10 2009
egi

gw uga sih berfikir begitu tapi low semua msyarakat indonesa berfikir sama past deh negara kita oke eto

10 05 2010
holijah

global warming untuk indonesia , saat ini mungkin belum banyak dan nyata yang dapat dilakukan karena keterbatasan pengetahuan ttg arti global warning itu sendiri , yang mana hanya kalangan teretentu yang mengenal dan tahu tapi masyarakat umum belum banyak yang tahu apalagi mengerti, jadi bagaimana untuk berbuat, untuk itu sosialisasi secara umum sangat perlu dilakukan agar hasilnyapun dapat lebih dirasakan jadi pengetahuan ttg global warning tidak terkesan exklusip lagi gitu lho?

6 07 2010
evin

jagalah lingkungan jangn biarkn dunia ni hncur,cba kesadaran kita smua akn bumi kita.bumi menangis,tidak kah kita sadari ,pesan bumi jngn biar kn bumi kita menangis.

6 07 2010
evin

jangn biar kn bumi menangis

22 07 2010
FHIFIEN D'DARK ANGEL

seharusnya pemerintah dari sekarang membuat plastik yang mudah di daur ulang kalau mau indonesia kita tidak terkena yang namanya global warming. karena untuk daur ulang pelastik membutuhkan waktu beribu” tahun,,,,n anak” indonesia harus diajarkan tentang apa itu global warming n dampak”nya….
BUAT APA SIH ADA PEMERINTAH KALO NGGAK BISA AJAR ANAK”NYA UNTUK MENGENAL GLOBAL WARMING….
SARANKU SIH PEMERINTAH TUH NGGAK USAH EGOIS,HARUSNYA MIKIRIN DONG,NASIB MASYARAKATNYA…..
SALAM :FHIFIEN ANAK JAYAPURA

10 10 2010
aisyah

ya saya stju tpi sya bngun knapa stiap produk mmakai plastik knapa gk pke kertas aja???????????….
ya….
sip komntarnya saya stju bnget

13 09 2010
avenkabelen

gw syh setuju ama fhifien anak jayapura soal pengajaran dini sama anak indonesia
supaya mengenalkan anak indonesia sama namanya”GLOBAL WARNING” agr bangsa indonesia di zman yang akan datang indonesia ga kepanasan lg kayak sekarang soalnya klo gw tdr mlm gw sllu KEPANASAN moga2 pemerintah turut prihatin soal ini
yach

10 10 2010
aisyah

ya saya stju tpi sya bngun knapa stiap produk mmakai plastik knapa gk pke kertas aja???????????….

14 12 2010
dodi

sakit jga tanda mau kiamat

27 05 2011
ais alfaro

inilah saatnya manusia harus lebih perduli dengan bumi
bukan bumi yang harus perduli sama kita
jangan selalu menyalahkan bumi

7 02 2012
laddy

kembali kita hijaukan lingkungan kita,,, dimana2 gersang,, kita lihat saja misal di Mal2, Dperumahan2,,, tanpa ada 1 pepohon padahal itu sangat penting,, sekarang malah sebaliknya demi yg namanya uang pengusaha2 gila2an membangun gedung2, pabrik2, arena bermain, tempat parkir, DLL, tanpa mempertimbangakan keseimbangan lingkungan,,,,

8 03 2012
faiz syaifullah

gimana nih tanggapan indonesia kedepannya dengan keadaan yang seperti ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: