Sukses… :)

14 11 2007

Senin lalu saat kuliah Manajemen Inovasi (Maninov) ada sebuah pernyataan “menggelitik” dari Prof Gede Raka.. “Banyak orang yang ketika tua dan mendekati kematiannya dia baru menyadari ternyata pohon yang dia panjat salah”.. wew.. sedih sekali.. Lantas dia meminta kami untuk menuliskan satu kalimat yang akan dikenang teman-teman ketika wafat nanti.. Sebuah kalimat yang menurutnya adalah tujuan dari berkehidupan di dunia..

Namun terlepas dari itu ada sebuah pertanyaan yang membuat sy penasaran dan akhirnya ditanyakan… “Lantas gimana Pak, mendeteksi dini klo pohon yang kita panjat ini salah?? Ada ga langkah-langkah yang bisa ngedeteksi ini…??” dan dia menjawab “Ga ada.. setiap orang berbeda langkah-langkahnya.. Caranya ya kita harus selalu mau bertanya dan berkomunikasi dengan diri kita, apakah yang kita telah lakukan ini sesuai dan apakah nilai yang kita inginkan sudah sesuai..” Jujur jawaban ini unik.. karena biasanya di buku2 manajemen dan pengembangan diri bnyk yang memberikan langkah-langkah.. meski memang hasilnya sy belum coba.. Tapi justru jawaban Dari Pak Gede Raka inilah yang menarik perhatian sy.. I Think its right!!

Dan karena melihat sy sepertinya belum puas.. dia menambahkan tentang  kesuksesan.. Ada ilmu baru yang sy dapetin.. ternyata sukses itu dibagi ke 3 kategori :

1.      Bitter Success alias sukses yang pahit

2.      Toxic Success

Sukses yang beracun.. lha..?? Iya kita pribadi sukses.. mungkin punya banyak harta tapi keluarga kita hancur-hancuran…

3.      Meaningful Success

Ini yang bagus.. dimana keberhasilan kita menjadi keberhasilan bagi diri kita dan orang lain..

D akhir beliau bilang.. Kesuksesan itu lebih banyak kepada nilai-nilai yang mau member. Kepada seberapa banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh orang lain… Dan dia nampaknya sangat suka dengan konsep Islam.. Rahmatan lil ‘alamin..  bagaimana kita bisa memberikan manfaat bagi segenap alam semesta…

Satu lagi Quote bagus dari Prof Gede Raka

“NOT WHAT YOU HAVE… BUT WHO YOU ARE…”


Actions

Information

One response

16 11 2007
dilla

hmm,, bagus kak. umm.. tapi kok bitter success sama toxic success merely the same yah. kira2 bedanya apa kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: