Nonton Yuk..

13 09 2008

A1 IndonesiaBerita membanggakan datang dari ajang lomba balap A1 GP. Perhelatan balap antar negara-negara di dunia ini akan kembali di gelar di Indonesia. Tapi jangan terfikir untuk diadakan di Sirkuit Sentul seperti penyelenggaraan acara-acara balap yang lain. Balapan kali ini akan diadakan di sirkuit jalan raya yang akan segera dibangun di kawasan terpadu Lippo Karawaci, Tangerang, Banten.

Dalam pengumuman yang dilansir situs a1gp.com (9/6), Indonesia disebutkan menjadi tuan rumah seri ketiga yang jatuh pada tanggal 9 November 2008.   Dua seri sebelumnya berlangsung di Mugello, Italia (21 September) dan di Zandvoort, Belanda (5 Oktober). GP A1 musim 2008/2009 terdiri dari 11 seri dengan Inggris sebagai negara tuan rumah laga penutup.

Balapan A1 di Lippo Karawaci dipromotori oleh perusahaan asing. Penandatanganan kontrak antara GP A1 Internasional dan perusahaan promotor itu rencananya dilangsungkan di Lippo Karawaci pada Rabu (11/6).

Tim A1 Indonesia yang diperkuat pembalap Satrio Hermanto secara resmi tidak terlibat dalam penyelenggaraan balapan A1 di Karawaci. Ada pemisahan antara penyelenggara lomba dan pengelola tim.

Meski begitu, menurut Direktur Komersial tim A1 Indonesia, Donny Sarwono, Selasa (10/6) dini hari, sejumlah anggota tim A1 Indonesia dimintai tolong untuk membantu promotor, terutama dalam urusan komersial.

Donny menceritakan, panjang sirkuit jalan raya di Lippo Karawaci direncanakan memiliki panjang 4,2 kilometer. Jalan raya di area itu bakal diperlebar dari ukuran sembilan meter menjadi 12 meter.

Donny menjelaskan, desain sirkuit jalan raya di Karawaci akan dikerjakan oleh Hermann Tilke, perancang sirkuit F1 yang terkemuka. Promotor menggunakan jasa Hermann Tilke karena mereka ingin jaminan sirkuit jalan raya yang dibuat nanti bebas dari berbagai masala h. Proses konstruksi akan dilakukan mulai bulan Juli jelas Donny.

GP A1 adalah kejuaraan balap mobil formula satu merek antar negara. Pada musim 2008/2009 yang merupakan musim keempat, GP A1 memakai mobil dan sasis buatan Ferrari.

Sirkuit Sentul dua kali menggelar balapan A1, yakni pada Februari 2006 (musim 2005/2006) dan bulan Oktober 2006 (musim 2006/2007). Pada musim 2007/2008, Indonesia absen dari kalender GP A1 meski pada saat itu pihak pengelola GP A1 Internasional sangat ingin kejuaraan itu kembali singgah di Tanah Air.

sumber kompas.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: