Raketkeun Duduluran Silih Rojong Sauyunan

17 11 2008

EXECUTIVE SUMMARY

“Karena kami yakin, permasalahan kesehatan dan lingkungan
adalah bencana yang akan membuat bencana yang lebih besar lagi”

Banyak permasalahan yang hadir di negeri ini. Bahkan ada juga yang menyebut negeri ini negeri 1001 bencana. Tidak hanya bencana alam yang kejadiannya tak menentu, namun ada bencana yang senantiasa “terpelihara”, yaitu bencana kesehatan dan lingkungan. Permasalahan ini kadang jarang diperhatikan, padahal justru bencana ini yang dapat menjadi bom untuk terciptanya bencana yang lebih besar. Untuk itulah diperlukan usaha dan karya nyata dari segenap anak bangsa, termasuk mahasiswa.

Kami, Badan Eksekutif Mahasiswa Bandung Raya,yang merupakan gabungan BEM-BEM di wilayah Bandung, melakukan kegiatan sosial dengan tema Raketkeun Duduluran, Silih Rojong Sauyunan – Rekatkan Persaudaraan, Saling bantu dengan sesama, yaitu melakukan kegiatan pelayanan kesehatan gratis, penanaman 12.000 bibit pohon yang kami lakukan untuk 13 desa yang tersebar dari kecamatan Ciwidey, Soreang hingga Ketapang. Serta melakukan perbaikan fasilitas umum di beberapa wilayah di area tersebut. Yang dilakukan selama 1 peksan sejak hari senin, 27 oktober 2008 hingga minggu, 2 november 2008. Kegiatan ini sebagai wujud karya nyata kami dalam memberikan kontribusi perbaikan masyarakat, serta membangun sense social kami untuk bekal kami kedepannya.

Kegiatan yang telah kami lakukan, telah memberikan bantuan pelayanan kesehatan untuk 6.131 orang atau kurang lebih sekitar 511 orang di setiap desa. Dengan penyhebarannya sebagai berikut :

Hari

1

2

Nama Desa

Jumlah Pasien

Nama Desa

Jumlah Pasien

Senin Panundaan – Ciwidey 324 Lebak Muncang – Ciwidey 505
Selasa Cisondari – Pasir Jambu 528 Cibodas – Pasir Jambu 674
Rabu Cukanggenteng – Pasir Jambu 515 Sukajadi- Soreang 614
Kamis Panyirapan – Soreang 630 Kramat Mulya – Soreang 443
Jumat Bandasari – Cangkuang 339 Ciluncat & Nagrak – Cangkuang 641
Sabtu Kopo – Kotawaringin 410 Gandasari – Ketapang 508

Dalam kegiatan penanaman pohon, kami telah menanam 12.000 bibit pohon yang tersebar antara kecamatan ciwidey hingga ketapang, untuk membantu kelestarian alam dan penghijauan di wilayah ini. Kami pun melakukan perbaikan beberapa  fasilitas umum seperti perbaikan saluran air, MCK dan tempat wudhu di desa Cibodas, serta pembuatan pavling block, pengadaan karpet, dan perbaikan bangunan Sekolah MTs Asy-Syuhada di Desa Bandasari Kecamatan Cangkuang. Kami juga melakukan berbagai macam kegiatan lainnya. Seperti kegiatan nonton bareng dan atraksi seni calung serta perkusi yang kami lakukan di desa Panyirapan. Juga kegiatan kompetisi tumpeng antar desa serta lomba mewarnai untuk anak-anak.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama BEM Bandung Raya dan Posko Jenggala yang senantiasa melakukan akasi-aksi kemanusiaan di berbagai tempat. Serta dukungan dari pemerintah Kabupaten Bandung dan aparatur desa yang membantu dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan. Juga tentunya para penyandang dana yang mensupport ide dan pemikiran ini menjadi sebuah realitas.

Terima Kasih atas bantuan dan dukungannya. Semoga ini dapat menjadi pelecut untuk setiap pihak, terutama para pengambil kebijakan, untuk turun ke lapangan, memberikan yang terbaik dan mengambil kebijakan yang pro masyarakat. Agar negeri sejahtera bukan sebuah mimpi lagi.
Gilang Widyawisaksana
Koordinator


Actions

Information

One response

18 11 2008
37degree

lho, ternyata antum koordinatornya?
jadi acara ini ya, yg menghasilkan ‘printer’ yg cartridgenya bocor itu…

ternyata ITB masih masuk BEM Bdg Raya 😀
bu presiden udah tahu berita ini belum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: